Munirulabidin's Blog

May 7, 2010

Membangun Ide dan Gagasan

Filed under: UMUM — Dr. Munirul Abidin, M.Ag @ 12:32 pm

Salah satu syarat untuk menjadi orang yang sukses adalah memiliki ide dan gagasan yang baik untuk direalisasikan ke dalam kehidupan nyata. Mustahil seseorang dapat melakukan sesuatu dengan baik jika dia tidak memiliki ide dan gagasan. Aktivitas membangun sebuah kesuksesan adalah aktivitas menata gagasan-gagasan menjadi sebuah kenyataan. Sedangkan gagasan adalah makna yang menyadarkan. Baik tidaknya gagasan terletak pada sejauhmana gagasan itu menggerakkan orang lain untuk berpikir seperti apa yang kita pikirkan, dan terhentak sadar seperti mendengar sebuah ledakan bom yang menggelegar. Semakin besar kandungan dinamit yang ada dalam gagasan kita, akan semakin menggerakkan seseorang untuk merealisasikan gagasan-gagasan tersebut dalam dunia nyata.

Dalam rangka meraih kesuksesan hidup ini, ide dan gagasan berfungsi seperti benih tanaman. Jika benih itu ada, maka dia bisa ditanam di dalam tanah, lalu akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan jenis benihnya. Bila benih itu adalah benih pohon yang besar, maka pohon itu akan berkembang besar dan akar-akarnya kokoh menghujam ke bumi. Tetapi jika benih itu hanya benih tumbuhan yang kecil seperti rerumputan, maka akarnya hanya menempel di atas tanah dan cabang-cabangnya rendah sehingga mudah diinjak-injak atau dimakan oleh binatang ternak. Ide yang besar akan semakin kokoh dan kuat meskipun diterpa badai yang kencang dan deras. Semakin banyak kritikan yang menghunjam ide-ide besar itu, akan semakin sempurna kekokohannya sehingga menjadi menyejarah sepanjang masa. Sedangkan ide-ide yang kecil hanya bersifat temporer dan habis bersama peredaran waktu.

Kisaran ide dan gagasan besar yang muncul di dunia ini, seperti kisaran bola salju yang semakin lama semakin membesar. Gumpalan bola salju itu, akan menggelinding dan melibas gumpalan-gumpalan salju lainnya yang kecil-kecil, sehingga dia bergabung dan mengikut pada kisaran yang besar.

Untuk merangsang tumbuhnya gagasan dan ide-ide kreatif dalam diri kita, maka kita harus menajamkan kepekaan kita terhadap fenomena. Yaitu kepekaan untuk melihat masalah, menganalisa masalah dan menyelesaikan masalah. Adapun permasalahan bisa muncul di mana saja dan kapan saja. Hampir setiap apa yang kita dengar, kita lihat, kita raba, dan kita rasakan, selalu ada masalah yang muncul. Bagi mereka yang tidak tajam sense of crisisnya akan menganggap bahwa dalam fenomena-fenomena itu tidak bermasalah. Tetapi bagi mereka yang sense of crisisnya peka, maka setiap ada keganjilan muncul, dengan segera dia akan menangkap keganjilan-keganjilan itu, sehingga memunculkan ide dan gagasan untuk dituangkan dalam sebuah karya nyata.

Kisaran ide dan gagasan besar yang muncul di dunia ini, seperti kisaran bola salju yang semakin lama semakin membesar. Gumpalan bola salju itu, akan menggelinding dan melibas gumpalan-gumpalan salju lainnya yang kecil-kecil, sehingga dia bergabung dan mengikut pada kisaran yang besar. Secara sadar maupun tidak sadar, dalam perjalanan sejarah manusia, banyak ide yang hilang dan pergi. Dalam dunia fikih misalnya, pada masa awal-awal perkembangannya, muncul ratusan aliran fikih yang berbeda-beda. Akan tetapi, seiring dengan perjalanan waktu, aliran-aliran yang tidak popular dan tidak membumi, dengan sendirinya akan mati tanpa pengikut. Adapun aliran-aliran yang kokoh, dia akan tetap eksis dan melibas aliran-aliran lain yang tidak sejalan dengannya.

Karena itu, kembangkan dirimu melalui gagasan-gagasan besar. Pikirkan dalam dirimu bahwa anda adalah seorang tokoh besar yang berkewajiban untuk mengubah dunia. Bayangkan bahwa anda adalah Plato, Aristoteles, Ibnu Sina, Ibnu Khaldun, Imam Syafi’I, Imam Hambali, Imam Abdul Wahhab dan sebagainya yang ditugaskan untuk merubah dunia dengan ide-ide dan gagasasn-gagasan besar mereka. Jangan biarkan diri anda terkungkung dalam tradisi kebekuan yang mati tanpa perlawanan. Biarkan dirimu mengembara, tuk mencari tempat persinggahan bagi ide-ide dan gagasan-gagasanmu, agar dunia berkembang menuju kesempurnaan.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: