Munirulabidin's Blog

May 7, 2010

Jangan Kau Biarkan Hidupmu Sia-sia

Filed under: UMUM — Dr. Munirul Abidin, M.Ag @ 12:35 pm

Tanyakan secara jujur kepada dirimu sendiri, akhir hidup seperti apa yang anda inginkan? Kehidupan yang bahagia atau sengsara? Usaha-usaha apa yang telah anda lakukan untuk menggapainya? Sudahkah anda bersungguh-sungguh? Ataukah anda masih belum beranjak dari tidurmu untuk melangkahkan kaki menuju akhir hidup yang anda inginkan?

Ibarat membangun rumah, hidup adalah rangkaian dari berbagai macam materi dan kegiatan yang disusun sedemikian rupa, hingga mencapai sebuah bangunan yang indah dan kokoh. Keindahan dan kekokohan bangunan itu, tergantung kepada sejauhmana arsitek bangunan itu mendesign bangunan tersebut dan bahan-bahan apa yang digunakan. Semakin bagus perencanaan yang dibuat dan semakin baik bahan bangunan yang dipilih, akan semakin indah dan kokoh bangunan yang dihasilkan. Akan tetapi sebaliknya, jika arsitek itu tidak melakukan perencanaan dulu dalam membangun rumah, maka hasil bangunannya tidak jelas bentuknya dan kualitasnyapun dipertanyakan. Apalagi bahan-bahan yang digunakan untuk membangun rumah itu dipilih dari bahan-bahan yang asal-asalan, maka bangunan itupun akan tidak kokoh dan akan segera roboh.

Begitu pula dalam membangun masa depan. Kita tidak bisa melakukan sesuatu secara sembarangan untuk menghasilkan masa depan yang baik. Tetapi masa depan yang kita inginkan, harus dibangun dengan pondasi yang kuat agar bangunan itu bisa berdiri kokoh dan kita harus merajutnya sedikit demi sedikit, agar struktur bangunan itu bisa tertata rapi dan apik. Tidak mungkin kita membangun rumah seperti mencetak batu bata yang sekali cetak langsung jadi, tetapi diperlukan proses yang panjang dan proses itulah yang menentukan kualitas suatu bangunan. Begitu juga dengan masa depan yang akan kita capai, sangat ditentukan bagaimana prosesnya. Jika prosesnya baik, maka hasilnyapun akan menjadi baik. Tetapi, jika prosesnya dilakukan sembarangan, tanpa perencanaan yang matang dan tanpa ada target-target tertentu untuk meraihnya, maka mustahil sebuah masa depan yang indah dan kokoh akan kita dapatkan.  Karena itu sekali lagi tanyakan kepada diri anda sekarang, rencana apa yang telah anda susun untuk membangun masa depanmu? Sudahkah anda merencanakan masa depan yang kokoh dan indah? Ataukah anda belum berpikir tentang masa depan?

Bila anda belum berpikir tentang masa depanmu, maka mulailah dari sekarang, untuk merajut kembali benang-benang masa depanmu yang masih belum tertata rapi itu. Bayangkan akhir hidup seperti apa yang anda inginkan, akhir hidup yang bahagia ataukah yang sengsara. Lakukan sesuatu mulai sekarang karena tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang baik. Jangan sekali-kali menunda untuk berbuat baik, karena jika anda menundanya, berarti anda telah membiarkan kesempatanmu berlalu sia-sia.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: